Mata Kuliah: Perencanaan dan Desain
Pembelajaran PAI
SMT VI : 2012
Uraian Materi Kuliah
Tugas Klp
|
|
Materi Pokok
|
Sumber dan Bahan
|
Klpk I
|
:
|
Pengertian Perencanaan
Pembelajaran
Pengertian Desain Pembelajaran
Rambu-rambu Desain Pembelajaran
|
Materi Penyusunan desain
Pembelajaran
Prinsip Desain Pembelajaran
Rancangan Sistem Pengajaran
Perencanaan Pengajaran
|
Klp II
|
|
Kinerja Guru dalam Mendesain
Pembelajaran
|
|
Klp III
|
|
Pentingnya Perencanaan dan Desain
Pembelajaran
Fungsi Perencanaan dan Desain
Pembelejaran
|
|
KLP IV
|
:
|
(Dasar Sistem Pembelajaran)
Pengertian Pendekatan System
Ciri-ciri system pengajaran
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
|
Klp V
|
|
Masalah-masalah pengajaran dan
pemecahannya
|
|
KP VI
|
|
Strategi dasar merancang system
pengajaran
Aplikasi pendekatan system dalam
Pembelajaran PAI
|
|
KLP VII
|
:
|
Model-model Desain Pembelajaran
Pengertian Model desain
Macam-macam desain Pembelajaran
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
|
KLP VIII
|
|
Pola-pola pengembangan desain
pembelajaran
Perbedaan model-model pembelajaran
|
|
KLP IX
|
:
|
Langkah-langkah perumusan
Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Pokok Pembelaajran
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
Menjadi Guru Professional
Strategi Belajar Mengajar
Metodologi Pengajaran Agama Islam
|
KLP X
|
:
|
(Strategi , Media dan Evaluasi
Pembelajaran)
Pengertian strategi, media, dan
alat evaluasi
Perbedaan strategi, metode, dan
alat evaluasi
Prosedur pemilihan metode, media
dan alat evaluasi
|
Metodik Khusus Pengajaran Agama
Islam
KBK (Konsep Karakteristik, dan
Implementasi)
Sistem Pembelajaran, Depag RI
Standar Penilaian di Kls, Depag RI
Pengembangan Kurikulum, Depag RI
|
KLP XI
|
|
(Kalender pendidikan, GBPP/Standar
Isi)
Mengenal Kalender Pendidikan,
Mengenal GBPP/ Standar Isi
Praktik Menyusun Kalender, dan
Silabus
|
|
KLP XII
|
|
Pengertian Pekan efektif
Langkah-langkah penyusunan pekan
efektif
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
Strategi Belajar Mengajar
Metodologi Pengajaran Agama Islam
|
KLP XIII
|
|
Pengertian Program Tahunan
Fungsi Prota
Langkah-langkah penyusunan Prota
Praktik Penyusunan Prota
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
Strategi Belajar Mengajar
Metodologi Pengajaran Agama Islam
|
KLP XIV
|
|
Pengertian Program Semester
Fungsi Prosem
Langkah-langkah Penuyusunan Prosem
|
Materi Penyusunan Desain
Pembelajran PAI
Prinsip Desain
PembelajaranRancangan system pengajaran
|
KLP XV
|
|
Pengertian silabus dan system
penilaian
Komponen-komponen silabus
Praktik penyusunan silabus dan
system penilaian
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
Strategi Belajar Mengajar
Metodologi Pengajaran Agama Islam
|
XVI
|
|
Pengembangan RPP
Pengertian RPP
Komponen-komponen RPP
Penyusunan RPP
|
Perencaan Pengajaran berdasarkan
system
Perencanaan Pengajaran
Teknologi Pembelajaran (Pendekatan
system, konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media)
Strategi Belajar Mengajar
Metodologi Pengajaran Agama Islam
|
PERATURAN:
- Berpakaian Sopan
- Korti membagi klp menjadi 16 Klp
- Secara berurutan mulai dari klp 1 mengmbil judul nomor 1. s/d seterusnya.
- Setiap klp harus mempresentasikan makalahnya sesuai dengan urutan nomor kelompoknya, (klp satu judul nomor satu presentasi pertama dst)
- Setiap kelompok yang mendapat giliran presentasi maka harus menyerahkan aslinya sebelum presentasi dimulai utk di koreksi. (maka lebih baik di copy dulu)
- Setiap kelompok yg presentasi harus mencatat pertanyaan yg masuk beserta solusinya pada lembaran khusus, kemudian diserahkan kpd dosen pengampu matakuliah tersebut.
- Bagi kelompok yg mendapat giliran tidak sanggup atau tidak dpt presentasi maka klp tersebut didiskualifikasi (gugur) maka klpk setelahnya harus siap mengganti
- Bagi klp yg tdk dpt presentasi maka hrs siap mendapt sanksi berupa kehilangan nilai 40%
- Bagi mahasiswa yg tidak dapt mengikuti perkuliahan satu kali maka nilai di matakuliah ini berkurang 10%
- Aspek penilaian : Absensi+Tugas+Presentasi+interaksi+UTS+U Smt= NA
Keterangan:
Nilai A :
80-100
Nilai B :
65-79,9
Nilai C :
50-64,9
BL : < 50
Tidak ada komentar:
Posting Komentar